Senin, 01 November 2010

Tentang Ma'had

Bagikan

Ma'had as-Sakiinah diresmikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, H.M. Muchlas Abror pada hari Sabtu Legi 29 Jumadats tsaniyah 1423 H bertepatan dengan tanggal 7 september 2002. Memasuki tahun yang ke-8, Ma'had as-Sakiinah senantiasa melakukan perbaikan demi perbaikan, baik dari segi manajemen maupun peningkatan kualitas, hal itu terlihat salah satunya dari perubahan nama yang dahulu bernama Asrama as-Sakiinah, kini berubah menjadi Ma'had as-Sakiinah, hal ini bertujuan tidak lain hanyalah untuk meningkatkan kualitas yang lebih baik. Perubahan nama ini terjadi pada tahun pelajaran 2008/2009, yang digagas oleh beberapa tokoh PDM, PWM Daerah Istimewa Yogyakarta serta Komite Sekolah dan pihak SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 11 orang, sehingga pengelola Ma'had as-Sakiinah disebut dengan "Tim Sebelas".
Secara bahasa, dalam Al-Mu’jam al-Wasith, Ma’had berarti suatu tempat yang didirikan untuk belajar dan meneliti, sedangkan kata Sakinah di dalamnya terkandung arti tenang, terhormat, aman, penuh kasih sayang, serta mantap. Sesuai dengan namanya, Ma’had as-Sakinah akan selalu memberikan ketenangan, kenyamanan dan keamanan. Rasa kasih sayang dan saling hormat-menghormati menjadi salah satu ciri khas keseharian para siswa yang tinggal di dalamnya.
Dalam berjalannya waktu atau masa transisi dari asrama ke Ma’had tentu tidak mudah dalam mengaplikasikan visi dan misi tersebut, namun karena dukungan dan kerjasama yang kuat serta koordinasi antara pihak pengelola, pembina, orang tua/wali santri, setahap demi setahap Ma’had as-Sakiinah selalu mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari kegiatan-kegiatan Ma’had yang senantiasa semarak dan antusias, sehingga hal ini sangat mendukung dalam peningkatan kualitas.

1 komentar:

akhirnya ada kepengurusan yang jelas di Asrama Moehi, saya bangga menjadi bagian alumninya. teruslah berjuang membentuk pelajar yang memiliki kecerdasan jasmani dan rohani

Posting Komentar

Silahkan beri komentar sebagai Name/URL :

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More